This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Jumat, 01 Maret 2013

P3BB (Pertolongan Pertama Pada BlackBerry)

Apa yang musti kita lakukan jika signal BlackBerry sering naik-turun atau malah gsm/gprs/edge :
1. Cabut batere minimal 1-2 menit
Fungsi ini sama seperti melakukan location update di handphone biasa, yang kalau di jenis tersebut bisa hanya dengan restart.
2. Registrasi HRT dari Options - Advanced Option - Host Registration Table - (pencel lagi tombol opsi) - Register Now
Fungsi ini untuk memastikan Handheld anda terdaftar di network BlackBerry. Dengan telah terdaftar, maka tunnel dari Handheld anda ke infrastruktur BlackBerry sudah terbentuk. Tunnel link ini yang men-trigger capital GPRS/EDGE/3G.
3. Send Service Book (SSB)
Jika sekiranya Handheld Anda belum mendapatkan self registration email dari BlackBerry, maka SSB hanya bisa dilakukan via pc / desktop. Namun kalau sudah berhasil mendapatkan notifikasi self registration namun masih lower gprs/edge/3g, maka SSB bisa di lakukan dengan masuk via email setting

Kalau P3BB tidak berhasil?
Kalau Pertolongan Pertama Pada BlackBerry (P3BB) tidak berhasil, apa yang harus di lakukan?? Wipe Blackberry.
 Wipe BlackBerry adalah cara hard reset pada BlackBerry. Berikut langkah2 untuk wipe :
1. Back up data BlackBerry
Connect BlackBerry ke laptop/PC via Desktop Manager (DM), kemudian pilih "back up & restore" lalu pilih "back up"
2. Wipe BlackBerry
Setelah data terback-up, proses Wipe BlackBerry bisa di lakukan. Masuk ke menu Options - Security options - General Settings. Tekan logo BlackBerry, kemudian pilih "Wipe Handheld ", ketik "blackberry", kemudian proses Wipe akan berjalan.
3. Restore data
Setelah proses Wipe selesai dilakukan, proses restore data bisa di lakukan. Langkahnya sama dengan proses Back up, cuma kali ini pilih "restore".
4. Setelah data selesai di restore , lakukan P3BB sekali lagi.

Petunjuk wipe BlackBerry dengan JL Commander
  1. Instal program JL Commander
2. Tancapkan kabel usb dan hubungkan BlackBerry dengan komputer
3. Press any key
4. Jika ada password di BlackBerry klik Y(yes) dan jika tidak ada password di BlackBerry klik N(no)
5. Pilih no.4 utk wipe
6. Ketikkan 'blackberry' untuk mulai wipe BlackBerry
7. Setelah selesai ketik 7 untuk quit atau selesai

Cek Blackberry Locked or Unlocked
  • Masuk ke Options - Advanced Options - Sim Card
  • Ketik “MEPD”
  • Nanti akan muncul baris2 baru
  • Jika BB yang sudah unlocked, akan berstatus “Disabled” semua

Cek Blackberry kena IT Policy ato gak
  • Buka Options - Status - ketik “BUYR”
  • Perhatikan baris “Data Usage” dan “Voice Usage”
  • Jika terkena IT Policy, tulisannya akan ada “IT Policy”
  • Jika tidak maka tulisannya akan menunjukkan jumlah pemakaian BlackBerry (akan menunjukkan angka 0 jika BlackBerry baru).

MENGHEMAT BATTERY
Berikut beberapa settingan BB biar battery lebih hemat..
Go to: OPTIONS >> SCREEN/KEYBOARD
Setting seperti ini:
  • Font Family : BBCasual (saran agar lebih enak dilihat)
  • Backlight Brightness  : 10
  • Backlight Timeout         : 30'
  • Automatic Dim Backlight             : ON
  • LED Coverage indicator                : OFF
  • Keytone : OFF Key rate                : FAST
  • Convenience key: Application Switcher (memanfaatkan tombol samping untuk pindah2 aplikasi yang lagi jalan)
  • Audible Roll : OFF
 Faktor berikutnya adalah setting alert di BB, saran:
  • apabila siang hari, gunakan alert tone saja dengan volume medium tanpa vibrate
  • apabila di dalam holster, gunakan alert vibrate saja, tanpa volume
  • apabila malam hari / tidur, gunakan profile silent (tanpa tone dan tanpa vibrate).

Backup dan Restore data-data yang ada di BlackBerry
Backup perlu dilakukan secara rutin untuk mengaman-kan data-data yang penting di Blackberry. Dan restore adalah memasukkan data hasil backup ke Blackberry.
Untuk melakukan backup ada dua cara yaitu :
Full backup
  1. Sambungkan Blackberry dengan computer
2. Buka aplikasi DM, pilih ‘Backup and Restore’
3. klik ‘Backup’ pada menu backup
4. Pilih folder dimana file backup akan diletakkan,
5. klik ‘Save’
Advanced backup
  • Sambungkan Blackberry dengan computer
  • Buka aplikasi DM, pilih ‘Backup and Restore’
  • klik ‘Advanced’ pada menu Advanced
  • Pilih data apa saja yang mau dibackup dengan memindahkan data tersebut ke kotak sebelah kiri
  • klik ‘File’ di atas kotak yang sebelah kiri
  • pilih ‘save’ untuk disimpan di komputer
 Untuk restore data ke Blackberry :
  • Sambungkan Blackberry dengan computer
  • Buka aplikasi DM, pilih ‘Backup and Restore’
  • Klik ‘Restore’ pada menu Restore
  • Cari file backup yang akan direstore dan klik ‘Open’

Melakukan switch/penggantian device
Menu ini digunakan untuk memindahkan data yang ada di handset Blackberry lama ke handset Blackberry yang baru. Langkah-langkahnya adalah sbb :
  • Sambungkan kedua handset Blackberry yang akan dipindahkan datanya dengan computer
  • Buka aplikasi DM, pilih ‘Device Switch Wizard’
  • Klik ‘Start’ pada menu ‘Switch BlackBerry Device’
  • Untuk di menu ‘Current Device’ adalah handset  BlackBerry yang lama dan di menu ‘New Device’ adalah handset BlackBerry yang baru
  • Klik ‘Next’ dan proses pergantian device ini dimulai sampai proses selesai

Mengimpor data-data dari handset Palm atau smartphone dengan OS Windows Mobile
Menu ini digunakan untuk memindahkan contact, calendar, tasks dan memo dari handset palm atau smart phone dengan OS Windows Mobile. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
  • Sambungkan kedua handset yang akan dipindahkan datanya dengan computer
  • Buka aplikasi DM, kemudian pilih ‘Device Switch Wizard’
  • Klik ‘Start’ pada menu ‘Switch from another device to BlackBerry Device’
  • Ikuti petunjuknya dan klik ‘next’ sampai proses pemindahan data selesai

Melakukan sinkronisasi antara data yang ada di  BlackBerry dengan computer
Kegiatan sinkronisasi ini dimaksudkan untuk menyimpan data organizer (contact, calendar, tasks dan memo) yang ada di BlackBerry ke computer. Langkah-langkah-nya adalah sebagai berikut :
  • Sambungkan handset yang akan dilakukan sinkronisasi  datanya dengan computer
  • Buka aplikasi DM, kemudian pilih ‘Synchronize’
  • Pilih data apa saja yang akan disinkronisasi dan klik ‘Synchronize’ untuk memulai proses sinkronisasi

Cara backup 3rd application untuk BlackBerry™
  • Di DM buka 'Device Switch Wizard'. Pastikan di current device sudah terdetect handheld yg mau di backup.
  • Pada kolom 'Options', pastikan hanya 'Third Party application' yang tercentang lalu klik next.
  • Setelah 'Task In Progress' selesai akan muncul dialog box 'select yournew device', jangan klik cancel. Biarkan tetap muncul.
  • Buka search dari start menu windows, pilih 'all files and folders'. Pada sub menu 'More Advance options', contreng 'search hidden files and folders'. Pada kolom 'file name' isi dengan PIN BlackBerry yg di backup.
  • Setelah hasil search keluar, ada folder dgn nama PIN anda, lokasinya biasanya di 'Temp (C:\user.... .)'. Copy folder tersebut dan paste di tempat lain. Misal: my document. Selain folder tersebut juga ada file .alx dengan nama PIN,lokasinya di 'C:user\.... \appdata\ local\temp' , copas jg file tersebut kefolder lain.
  • Setelah selesai pada DM klik cancel pada dialog 'select new device.
  • Untuk merestore 3rd party backup, buka application loader, add/remove application. Klik browse lalu buka folder dgn nama PIN yg sudah di copy. Buka file .alx dan 3rd application akan muncul di layar device application selection.

Upgrade/Downgrade OS
  • Instal DM
  • Instal file OS yang akan digunakan utk upgrade/downgrade
OS dari masing-masing tipe BlackBerry ini bisa di-download langsung dari website :
  • Tutup DM klo DM dalam posisi terbuka
  • Dari windows explorer lakukan search file 'vendor.xml' setelah ketemu file tersebut bisa dihapus.
  • Buka DM. Jika ada permintaan upgrade OS pilih cancel.
  • Masuk ke application loader. Jika ada permintaan masukkan password BlackBerry, masukkan password BlackBerry Anda. Jika tidak, langsung klik ok.
  • Pilih add/remove application. Jika normal akan muncul semua file program yg akan diinstal. Silahkan dipilih language dan program apa yg mau diinstal di BlackBerry. Kemudian klik next dst sampai selesai prosesnya.
 Beberapa hal yang harus diperhatikan :
  • Backup dulu sebelum upgrade untuk jaga2
  • Selama proses upgrade komputer tidak boleh stand by mode, karena akan menyebabkan upgrade gagal dan harus wipe lalu instal ulang OS

Transfer contact
Pake 3rd aplikasi
  1. Instal abcvcard di PC. Freeware download di http://www.processt ext.com/abcvcard .html
2. Contact di HP Nokia disave di memorycard
3. Hubungkan memorycard dengan PC ato copy Vcards dari Nokia ke PC dalam 1 folder
4. Buka abcvcard dan open folder dimana contact disimpan
5. Check kembali kolom mobile Phone, email address dan Info lainnya sudah terdisplay dengan benar atau tidak
6. Klik logo blackberry dibawah menu, otomatis semua contact akan disimpan dalam format *.ipd yang nantinya bisa dibuka dari DM direstore advanced back up
7. Hati-hati saat restore file ini karena jika ada phonebook sebelumnya di blackberry maka akan direplace.

Memanfaatkan BB shortcut
Di handheld BlackBerry, ada beberapa shortcut yang memudahkan kita untuk akses ke menu2 tertentu, antara lain:
A.  : Address Book
B.  :  Browser
D.  :  Memo Pad
F.  :  Profile
G.  :  Gtalk
H.  :  Help
K.  :  Keyboard Lock
L.  :  Calendar
M.  :  Message
N.  :  Blackberry Messanger
O.  :  Option
R.  :  Alarm
S.  :  Search
T.  :  Tasks
U.  :  Calculator
Y.  :  Yahoo Messanger

Menggunakan Gmail Amplop Merah
Aplikasi Gmail Amplop Merah (Gmail AM) adalah aplikasi yang dibuat oleh Gmail untuk membantu pengguna BlackBerry dalam membuka email dari Gmail.
Aplikasi ini bisa download dan install langsung via link : http://m.google.com, kemudian pilih Gmail.
 Beberapa kelebihan dari aplikasi Gmail AM :
  • Gmail AM bisa digunakan untuk menampung 10 email account atau bahkan lebih, jadi dengan menggunakan aplikasi ini bisa menambah jumlah email yang didaftarkan di BlackBerry. Yaitu 11 account di email BlackBerry dan 10 email di Gmail AM
  • Seperti halnya membaca email Gmail di web browser computer, email yang ada di Gmail AM ini juga akan mengelompok berdasarkan subjectnya, sehingga akan lebih mudah dalam membaca atau menghapusnya.
  • Melalui aplikasi ini bisa diihat sent item, delete item, chat history dan lain-lain sama dengan ketika membuka Gmail di web browser
  • Untuk email yang telah dihapus dari aplikasi ini tidak perlu dihapus dari email BlackBerry, karena dalam waktu 15-30 menit akan dilakukan sinkronisasi antara mailbox server Gmail dengan handset BlackBerry, sehingga secara otomatis email yang ada di BlackBerry akan terhapus juga.

DAFTAR SINGKATAN

BNIB      : Brand New In Box
DM          : Desktop Manager
EU           : Engineering Unit
HRT        : Host Routing Table
IMEI      : International Mobile Equipment Identity
MU          : Manufacturing Unit
OS          : Operating System
OTA        : Over The Air
PIN         : Personal Identification Number
RIM        : Research In Motion
SSB        : Send Service Book

Pesan kepada pengguna BlackBerry

Pesan kepada pengguna BlackBerry: Di RIM, kami berkomitmen terhadap perlindungan dan keamanan informasi pribadi Anda. Agar lebih transparan bagi Anda, kami telah memperbarui Kebijakan Privasi.
Apa saja perubahannya? Kebijakan Privasi RIM kini terdiri atas 10 prinsip utama privasi dan prinsip tersebut mencerminkan komitmen privasi kami yang berkelanjutan kepada Anda. Walaupun Kebijakan Privasi lebih lama dalam memberikan informasi lebih lanjut yang diminati pengguna kami, namun juga lebih mudah dinavigasi. Terdapat beberapa contoh jenis informasi pribadi yang mungkin diproses oleh RIM, bergantung pada produk dan layanan BlackBerry yang Anda gunakan.
Apa saja yang tetap sama? Tujuan kami untuk memproses informasi pribadi Anda belum berubah dan preferensi Anda saat ini tetap sama. Satu Kebijakan Privasi global akan terus diterapkan ke semua produk dan layanan BlackBerry Anda.
Research In Motion Limited dan anak perusahaan serta afiliasinya ("RIM") berkomitmen pada dan memiliki kebijakan sejak lama untuk menjaga privasi dan keamanan informasi pribadi Anda berupa informasi tentang individu yang dapat dikenali (seperti yang ditetapkan dalam undang-undang privasi atau perlindungan data yang berlaku).
Kebijakan Privasi ini menjelaskan praktik RIM sehubungan dengan pemrosesan informasi pribadi Anda yang meliputi pengumpulan, penggunaan, pengolahan, transfer, penyimpanan, atau pengungkapan informasi pribadi Anda, kecuali bila anak perusahaan atau afiliasi RIM telah memublikasikan kebijakan privasinya sendiri secara terpisah. Selain itu, perjanjian atau pemberitahuan yang terkait dengan produk, layanan, perangkat lunak, atau situs web RIM tertentu ("Penawaran RIM") dapat menyediakan informasi tambahan tentang pemrosesan RIM atas informasi pribadi Anda ("Pemberitahuan"). Penerapan Kebijakan Privasi ini tetap tunduk pada hukum yang berlaku termasuk undang-undang, peraturan, dan perintah dari setiap pengadilan atau pihak lain yang berwenang, permintaan atau proses hukum yang sah. Jika berlaku, pengontrol data berkenaan dengan informasi pribadi Anda adalah entitas RIM yang melakukan perjanjian dengan Anda.
  1. Akuntabilitas RIM
  2. Maksud RIM melindungi informasi pribadi Anda
  3. Persetujuan Anda
    1. Bila memperoleh persetujuan tidak disyaratkan
    2. Anak-anak
    3. Informasi yang dikumpulkan atau anonim
  4. Jenis informasi yang diproses
    1. Informasi akun dan keanggotaan
    2. Aplikasi
    3. Data berbasis Internet atau cadangan
    4. Cookie atau teknologi yang setara
    5. Informasi keuangan
    6. Data penggunaan secara umum
    7. Informasi lokasi
    8. Jaminan kualitas dan layanan pelanggan
    9. Informasi pihak ketiga
  5. Pemrosesan RIM atas informasi pribadi Anda
    1. Penyimpanan
    2. Pengoperasian internasional dan transfer selanjutnya
    3. Komunikasi pemasaran dari RIM
    4. Komunikasi terkait layanan dari RIM
    5. Pembagian informasi
    6. Penawaran Pihak Ketiga
  6. Keakuratan informasi pribadi Anda
  7. Melindungi informasi pribadi Anda
    1. Kewajiban Anda untuk melindungi informasi pribadi Anda
  8. Upaya berkelanjutan dari RIM agar transparan
  9. Anda dapat mengakses informasi pribadi Anda
  10. Ada pertanyaan atau masalah? Cara menghubungi kami
    1. Mengelola preferensi Anda
    2. Perubahan pada Kebijakan Privasi ini

1. Akuntabilitas RIM

RIM bertanggung jawab untuk informasi pribadi yang ada dalam kontrolnya, termasuk transfer informasi pribadi selanjutnya kepada pihak ketiga guna pemrosesan atas nama RIM (yaitu penyedia layanannya).
atas

2. Maksud RIM melindungi informasi pribadi Anda

Bila Anda menggunakan Penawaran RIM, yang sesuai dengan RIM, masukkan kontes yang disponsori oleh RIM atau jika tidak, berinteraksilah dengan RIM, RIM dapat memproses informasi pribadi Anda untuk tujuan berikut:
  • untuk memahami dan memenuhi kebutuhan dan preferensi Anda, dan menyediakan Penawaran RIM untuk Anda, misalnya:
    • untuk tujuan yang terkait dengan penagihan, aktivasi, ketentuan, pemeliharaan, dukungan, pemecahan masalah, mengatasi perselisihan, penonaktifan, perbaikan, pembaruan, penggantian, peningkatan versi atau pembaruan Penawaran RIM;
    • untuk memastikan Penawaran RIM berfungsi secara teknis seperti yang diharapkan dan untuk membantu mengidentifikasi dan memecahkan masalah;
    • untuk memenuhi atau memberlakukan Pemberitahuan yang berlaku kepada Penawaran RIM;
    • untuk mengelola atau menanggapi pertanyaan Anda;
  • untuk mengembangkan dan meningkatkan Penawaran RIM yang ada termasuk untuk berkomunikasi dengan Anda tentang hal tersebut dengan menggunakan berbagai cara, misalnya untuk menyediakan atau mengirimkan kepada Anda:
    • meningkatkan versi atau memperbarui, atau memberitahukan peningkatan versi atau pembaruan Penawaran RIM atau konten pihak ketiga atau produk, layanan, dan perangkat lunak terkait;
    • memberitahukan promosi atau acara mendatang;
  • untuk mengelola dan mengembangkan bisnis dan operasi kami, misalnya:
    • meningkatkan versi atau memperbarui, atau memberitahukan peningkatan versi atau pembaruan Penawaran RIM atau konten pihak ketiga atau produk, layanan, dan perangkat lunak terkait;
    • untuk memungkinkan kelanjutan bisnis dan operasi pemulihan bencana;
    • untuk melaksanakan hak hukum RIM;
    • untuk tujuan statistik;
  • untuk memenuhi persyaratan hukum dan peraturan dan untuk menanggapi keadaan darurat, misalnya:
    • untuk menanggapi perintah pengadilan, jaminan, atau permintaan hukum atau proses hukum lainnya;
    • untuk memberikan bantuan darurat dalam situasi yang dapat mengancam hidup atau keamanan fisik Anda atau orang lain; atau
  • untuk tujuan lain yang telah Anda setujui, seperti yang telah ditetapkan di dalam Pemberitahuan, dan tujuan lain yang diizinkan atau diharuskan oleh hukum yang berlaku.
atas

4. Jenis informasi yang diproses

Jenis informasi yang dapat diproses oleh RIM dapat bervariasi. Misalnya:

a) Informasi akun dan keanggotaan: Informasi yang diproses dapat mencakup nama Anda, kode pos, alamat email, nomor telepon, ID BlackBerry, informasi pengenal perangkat seperti PIN BlackBerry, informasi penyedia layanan telepon, komunikasi dengan RIM dan keluhan yang tercatat. RIM juga dapat memproses kredensial akun Anda, sandi, informasi profil, dan informasi lain yang Anda berikan untuk memfasilitasi Penawaran RIM yang Anda gunakan.

b) Aplikasi: Dalam beberapa hal, RIM dapat memproses informasi tentang aplikasi yang digunakan pada perangkat Anda, termasuk Penawaran Pihak Ketiga (misalnya aplikasi, produk, layanan perangkat lunak, situs web, atau konten yang disediakan oleh pihak ketiga, termasuk penyedia layanan telepon atau pengembang aplikasi, yang mungkin digunakan bersama dengan Penawaran RIM, namun tidak ditawarkan, dioperasikan, atau didukung oleh RIM). Juga, jika Anda memilih untuk menggunakan Penawaran Pihak Ketiga dengan akun atau perangkat BlackBerry, informasi tertentu dapat dikumpulkan dan diungkapkan kepada pihak ketiga, atau dari pihak ketiga kepada RIM, untuk memudahkan atau meningkatkan layanan dan fungsi yang disediakan.

c) Data berbasis Internet atau data cadangan: Jika Anda menggunakan layanan berbasis internet atau cadangan dan pengembalian yang disediakan oleh atau atas nama RIM, informasi dari perangkat atau akun Anda termasuk kontak, alamat email, kalender, memo, tugas, gambar tampilan, pesan status, file media, dan informasi pada perangkat lainnya dapat dikirim ke RIM untuk memfasilitasi atau meningkatkan penggunaannya, akses jarak jauh dan pemulihan dari data tersebut pada perangkat Anda melalui layanan yang diberikan.

d) Cookie atau teknologi serupa: Cookie adalah file teks kecil atau bagian dari data yang diunduh dan disimpan di komputer Anda atau perangkat saat Anda mengunjungi sebuah situs web. Cookie kemudian dikirim kembali ke situs web asal pada setiap kunjungan berikutnya, atau situs web lain yang mengenali cookie tersebut. Sebagai bagian dari Penawaran RIM, RIM dapat menggunakan jenis cookie yang berbeda atau teknologi ("Cookie") yang sama dari waktu ke waktu. Cookie tertentu diperlukan untuk memfasilitasi Penawaran RIM (seperti ketika Anda menggunakan keranjang belanja) atau untuk melindungi Anda dan RIM ketika Anda mendaftar pada layanan tertentu (seperti menyimpan kredensial Anda untuk mempermudah Anda saat menggunakan Penawaran RIM atau untuk mengonfirmasikan bahwa Anda telah masuk). Cookie lainnya lebih terkait dengan performaseperti untuk analytics atau tujuan kontekstual untuk membantu kami memahami cara pengguna terlibat dengan Penawaran RIM sehingga kami dapat memberikan Penawaran RIM yang baru dan disempurnakan (seperti halaman atau fitur yang paling populer). Beberapa Cookie lebih terkait dengan fungsidan membantu mempersonalisasikan pengalaman Anda dan mempermudah Penawaran RIM untuk digunakan (seperti preferensi bahasa atau wilayah hukum Anda), atau untuk membantu RIM menampilkan konten yang telah dipersonalisasikan kepada Anda. Cookie atau teknologi serupa lainnya dapat digunakan untuk tujuan iklan bertarget (misalnya Penawaran RIM tertentu dapat didukung oleh pendapatan iklan dan menampilkan iklan dan promosi yang dapat ditargetkan terhadap atribut yang dapat dikenali secara non-personal atau data agregat yang dikumpulkan oleh RIM, dan RIM atau penyedia layanan kami dapat menempatkan iklan tersebut pada Penawaran RIM). Informasi yang dianonimkan atau yang digabung tentang penggunaan Penawaran RIM dapat diberikan dalam suatu formulir yang tidak mengidentifikasikan Anda secara pribadi ke penyedia layanan kami sebagai bagian dari layanan analytics dan untuk membantu mengelola periklanan online. Sebagian besar browser pada awalnya ditetapkan untuk menerima Cookie, namun Anda biasanya dapat mengubah setelan browser untuk menolak Cookie atau untuk menunjukkan saat Cookie dikirim. Anda biasanya dapat menghapus atau membatasi Cookie browser dengan menggunakan pengaturan di browser Anda, namun hal itu dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk menggunakan Penawaran RIM tertentu karena hal itu tidak dapat berfungsi dengan baik atau sama sekali tidak berfungsi dengan Cookie yang dinonaktifkan. Memilih untuk melanjutkan tanpa menonaktifkan Cookie menunjukkan persetujuan Anda atas penggunaan Cookie RIM sesuai dengan Kebijakan Privasi ini. Harap kunjungi bagian di bawah ini tentang "Mengelola preferensi Anda" untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang cara mengelola penggunaan Cookie RIM.

e) Informasi keuangan: Jika Anda membeli produk, layanan, perangkat lunak atau dukungan pelanggan langsung dari RIM atau penyedia layanan kami, RIM dapat memproses kartu kredit atau informasi pembayaran lainnya dan menggunakannya untuk memfasilitasi layanan penagihan dan kredit dan melakukan pemeriksaan kredit, mana saja yang berlaku. Serupa dengan hal itu, RIM dapat memproses pembayaran atau informasi keuangan lainnya ketika Anda menggunakan fungsi Near Field Communication pada perangkat RIM Anda.

f) Penggunaan data umum: Dalam beberapa kasus, informasi seperti properti teknis dan informasi penggunaan umum dari penggunaan perangkat lunak dan perangkat keras bersama Penawaran RIM dapat diproses ketika Anda menggunakan produk, layanan, atau perangkat lunak tersebut (misalnya jenis browser web, merujuk atau keluar dari halaman web, versi sistem operasi, model perangkat keras dari perangkat atau platform komputer pribadi, alamat IP), atau ketika Anda menggunakan alat pemecahan masalah RIM (misalnya statistik penggunaan dasar atau informasi tentang perangkat Anda termasuk log peristiwa, konfigurasi aplikasi, masa hidup baterai, tingkat sinyal radio atau Wi-Fi, pengaturan ulang perangkat dan informasi kinerja memori atau sistem).

g) Informasi lokasi: Ketika Anda menggunakan Penawaran RIM, aktifkan layanan data, gunakan browser atau fungsi berdasarkan lokasi pada perangkat Anda, informasi lokasi yang terkait dengan perangkat Anda (misalnya. Global Positioning System (GPS) atau informasi triangulasi satelit serupa, ID operator atau menara, BSSID (Broadcast Service Set Identifier) dan alamat MAC (alamat Media Access Control) dari titik akses Wi-Fi dan kekuatan sinyal dari titik Wi-Fi yang terlihat atau menara nirkabel) dapat diberitahukan kepada RIM atau penyedia layanan kami. Jika RIM mengumpulkan dan kemudian menyimpan informasi tersebut, informasi akan berupa sebuah formulir yang tidak mengidentifikasikan Anda secara pribadi (misalnya RIM tidak mempertahankan sistem yang tidak akan menautkan individu tertentu ke BSSID). RIM dapat memproses informasi tersebut untuk diberikan kepada Anda atau memfasilitasi penyediaan informasi dan layanan berbasis lokasi (misalnya layanan pemetaan, pengukuran kemacetan lalu lintas, promosi atau kupon terkait lokasi). Jika Anda memilih untuk menggunakan layanan berbasis lokasi, Anda setuju bahwa informasi lokasi geografis tersebut dapat diproses untuk memberikan layanan tersebut kepada Anda. Anda dapat mengelola melalui pengaturan pada perangkat Anda baik keseluruhan pengaturan untuk GPS perangkat Anda atau fungsi lokasi atau pengaturan individu untuk setiap aplikasi. Jika Anda memilih untuk menggunakan layanan berbasis lokasi atau aplikasi lainnya untuk mengungkapkan lokasi Anda kepada orang atau entitas lain, Anda bertanggung jawab terhadap risiko yang muncul dalam melakukan hal itu, dan Anda bertanggung jawab untuk menggunakannya secara tepat dan sesuai dengan hukum yang berlaku. Jika Anda menggunakan Penawaran Pihak Ketiga yang memberikan layanan berbasis lokasi, silakan tinjau persyaratan dan ketentuan dan kebijakan privasi pihak ketiga terkait cara lokasi dan informasi pribadi Anda akan diproses, dan cara untuk menyisih keluar layanan berbasis lokasi dan iklan yang diberikan oleh pihak ketiga.

h) Jaminan kualitas dan layanan pelanggan: Panggilan telepon layanan pelanggan Anda dengan RIM dan penyedia layanan RIM dapat direkam atau dipantau untuk tujuan jaminan kualitas dan layanan pelanggan seperti untuk membantu dalam menyampaikan pertanyaan Anda, pemecahan masalah, pelatihan dan analytics untuk mengidentifikasi tren, serta meningkatkan Penawaran RIM.

i) Informasi pihak ketiga:Jika diperlukan untuk memenuhi tujuan yang ditetapkan oleh RIM, RIM dapat menggabungkan informasi yang Anda kirimkan kepada RIM dengan informasi yang diperoleh dari sumber lain atau Penawaran Pihak Ketiga. Misalnya, RIM dapat menerima informasi pribadi tentang Anda dari pihak ketiga yang terlibat dalam menyediakan produk, layanan, perangkat lunak, atau situs web yang Anda gunakan, seperti dari penyedia layanan telepon Anda untuk memfasilitasi layanan nirkabel yang Anda gunakan atau dalam beberapa kasus dari vendor Penawaran Pihak Ketiga terkait aplikasi yang digunakan pada perangkat Anda. RIM memperlakukan semua informasi pribadi tersebut sesuai dengan Kebijakan Privasi ini dan persyaratan dan ketentuan antara RIM dan pihak ketiga tersebut, jika ada, juga berlaku. Namun, penggunaan informasi pribadi milik pihak ketiga dalam kasus tersebut akan ditentukan menurut perjanjian Anda dengan pihak ketiga, kecuali pihak ketiga tersebut adalah penyedia layanan RIM.
Beberapa informasi ini tidak akan menyatakan Anda sendiri kepada RIM atau dapat dinyatakan secara pribadi dan sehingga dianggap informasi non-pribadi. Jika RIM menggabungkan informasi non-pribadi tersebut dengan informasi pribadi lain yang tersedia bagi RIM, informasi gabungan tersebut akan diperlakukan seperti informasi pribadi sesuai dengan Kebijakan Privasi ini.
atas

5. Pemrosesan RIM atas informasi pribadi Anda


a) Penyimpanan
RIM menyimpan informasi pribadi selama diperlukan untuk pemenuhan tujuan RIM yang telah ditetapkan atau hal lainnya yang diperlukan untuk memenuhi hukum yang berlaku. Ketika informasi pribadi tidak lagi dianggap penting atau relevan untuk tujuan RIM yang telah diidentifikasi, atau yang diperlukan berdasarkan hukum yang berlaku, RIM akan mengambil langkah-langkah untuk menghapus, memusnahkan, menghapus, mengumpulkan, atau dibuat anonim. Sejalan dengan praktik bisnis yang baik, RIM terus meningkatkan kontrol, jadwal, dan praktik penyimpanan dan pemusnahan informasi dan data yang berlaku untuk informasi pribadi Anda.

b) Operasi internasional dan transfer terusan ke pihak ketiga
RIM memiliki keberadaan internasional, dengan kantor dan fasilitas di beberapa wilayah hukum. Kecuali jika anak perusahaan atau afiliasi RIM memiliki kebijakan privasi terpisah, semua operasi internasional RIM dan transfer terusan ke pihak ketiga tunduk pada Kebijakan Privasi ini.
Anda setuju bahwa, agar dapat lebih memberikan pelayanan dan memfasilitasi penggunaan atau fungsi Penawaran RIM bagi Anda, informasi pribadi Anda dapat dikumpulkan, diproses, dikirim, atau disimpan oleh atau atas nama RIM di beberapa wilayah hukum termasuk Kanada, Amerika Serikat, Kawasan Ekonomi Eropa, Singapura, dan negara lain di mana saja di mana RIM atau penyedia layanan kami memiliki kondisi kantor atau fasilitas, termasuk negara yang mungkin berada di luar wilayah di mana Anda berada dan memiliki peraturan privasi atau perlindungan data berbeda, dan karena itu tunduk pada ketentuan hukum negara-negara ini. Jika Anda menetap di Kawasan Ekonomi Eropa atau di negara yang melarang pemindahan data di luar wilayah hukum atau kawasan tersebut tanpa persetujuan Anda, beri persetujuan untuk informasi pribadi Anda agar dipindahkan ke luar Kawasan Ekonomi Eropa atau negara Anda untuk diproses atau disimpan oleh atau atas nama RIM.
Mengingat kiprah internasional bisnis kami, RIM juga dapat diwajibkan untuk mengungkapkan atau memberikan akses ke data komunikasi Anda, termasuk isi komunikasi dan informasi lainnya di bawah hukum negara tempat di mana RIM, penyedia layanan, afiliasi dan data kami berada. Dengan menggunakan Penawaran RIM, Anda setuju untuk patuh pada hukum yang berlaku termasuk setiap proses hukum yang diyakini RIM mengharuskan kami membuat atau memberikan akses untuk data komunikasi dan informasi Anda lainnya.

c) Komunikasi pemasaran dari RIM
RIM dapat berkomunikasi dengan Anda melalui berbagai cara, seperti menggunakan alamat email yang terhubung ke perangkat RIM atau pengenal perangkat unik Anda (mis. PIN). RIM dapat mengabarkan informasi, survei, materi pemasaran, konten iklan atau konten yang disesuaikan yang telah dipersonalisasi agar lebih relevan untuk Anda sebagai bagian dari hubungan bisnis Anda yang ada bersama RIM. Misalnya, kami dapat melakukannya selama Anda belum berhenti berlangganan menerima komunikasi tersebut dan diizinkan secara hukum, telah menyetujui secara terbuka untuk menerima komunikasi tersebut, menggunakan layanan gratis yang bergantung pada iklan (termasuk iklan bertarget berdasarkan pada informasi profil), atau melalui pemanfaatan data yang dikumpulkan atau data yang telah dibuat secara anonim. RIM dapat menanyakan Anda dari waktu ke waktu tentang kesediaan Anda menerima pengumuman tambahan, berita, penawaran, atau undangan acara dari RIM atau pihak ketiga resmi yang dipilih oleh RIM perihal RIM dan Penawaran RIM. Anda juga dapat memilih memberikan informasi kepada RIM dalam hal menanggapi berbagai promosi RIM. Apabila Anda setuju berpartisipasi dalam kontes, survei, hadiah, peninjauan, atau promosi lainnya yang disponsori atau ikut disponsori oleh RIM, pastikan bahwa Anda telah membaca Pemberitahuan yang dapat dikaitkan dengan usulan ini agar memperoleh detail lebih lengkap tentang bagaimana informasi pribadi Anda dikelola. Biasanya, mekanisme tak berlangganan disertakan dengan setiap pemasaran atau komunikasi komersial RIM. Harap kunjungi bagian di bawah ini tentang "Mengelola preferensi Anda" untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang cara mengelola komunikasi pemasaran atau komunikasi dari RIM.

d) Komunikasi terkait layanan dari RIM
RIM juga dapat mengirimkan Anda komunikasi terkait layanan tertentu. Misalnya, RIM mungkin mengirimkan email atau pesan selamat datang saat Anda pertama kali mendaftarkan perangkat untuk mengabarkan tentang layanan dan persyaratannya kepada Anda, guna memberi tahu perubahan penting, cara mengelola kredensial atau akun Anda, memberikan pemberitahuan atau informasi infrastruktur layanan tentang peningkatan atau perubahan, memberikan informasi garansi, informasi panggilan ulang produk, informasi keselamatan atau keamanan, atau pun survei kepada pengguna aktif dan mantan pengguna. Karena komunikasi layanan terkait merupakan hal penting dalam penggunaan Penawaran RIM Anda, Anda tidak boleh menyisih dari menerima komunikasi ini.

e) Berbagi informasi
Sesuai dengan Kebijakan Privasi ini, RIM dapat berbagi informasi pribadi Anda di kalangan internal RIM atau dengan penyedia layanan kami. RIM juga dapat berbagi informasi dengan bagian keuangan, asuransi, hukum, akuntansi, atau konsultan lainnya yang menyediakan layanan profesional untuk RIM. RIM juga dapat berbagi informasi dengan cara yang konsisten dengan Kebijakan Privasi bersama pihak ketiga yang terlibat dalam memberikan Penawaran RIM kepada Anda yang meliputi penyedia layanan berdurasi, pengecer resmi, distributor, agen terdaftar atau prosesor pembayaran, subkontraktor atau entitas yang berpartisipasi dalam penyuplaian atau rantai perbaikan RIM.
Dalam situasi tertentu tempat Anda membeli atau menggunakan Penawaran Pihak Ketiga (mis., layanan berlangganan konten berbayar, aplikasi yang diunduh), RIM dapat berbagi informasi dengan pihak ketiga demi tujuan penyediaan produk, layanan, atau perangkat lunak untuk Anda, lalu informasi Anda selanjutnya tunduk pada kebijakan privasi pihak ketiga. Kami mendorong semua pengguna kami untuk mempelajari lebih lanjut praktik kebijakan dari pihak ketiga tersebut sebelum menyetujui dalam membeli atau memperoleh produk, layanan, atau perangkat lunak mereka.
RIM menggunakan kontrak atau dengan kata lain menyediakan tingkat perbandingan perlindungan ketika informasi sedang diproses oleh penyedia layanan kami. Hal ini merupakan kebijakan RIM untuk memasukkannya ke dalam obligasi kerahasiaan dengan pihak ketiga mana pun yang memperoleh informasi kerahasiaan yang meliputi informasi pribadi dari RIM. Misalnya, kecuali saat RIM diminta atau diizinkan secara hukum untuk mengungkapkan informasi pribadi, penyedia layanan kami yang kami berikan informasi pribadi Anda biasanya setuju menjaga informasi rahasia dan hanya menggunakan informasi untuk tujuan yang disediakan atau untuk mematuhi hukum yang berlaku.
Dalam hal penjualan dari semua atau sebagian aset RIM, RIM dapat memberikan informasi pribadi kepada pembeli pihak ketiga.
RIM dapat memanfaatkan pihak ketiga (mis. jaringan periklanan) untuk menargetkan iklan pada atribut yang dapat diidentifikasi secara non-pribadi atau data terkumpul yang diperoleh dari data profil yang diproses oleh RIM, dan memberikan statistik umum kepada pihak ketiga yang terkait dengan iklan yang ditayangkan tersebut. Harap kunjungi bagian di bawah ini tentang "Mengelola preferensi Anda" untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang cara mengelola komunikasi pemasaran atau komunikasi dari RIM.

f) Penawaran Pihak Ketiga
RIM tidak memiliki atau mengoperasikan semua aplikasi atau layanan yang Anda unduh dan gunakan pada perangkat Anda atau melalui Penawaran RIM lainnya. Saat Anda mengunduh atau memanfaatkan Penawaran Pihak Ketiga, informasi pribadi dari perangkat atau Penawaran RIM lainnya dapat diakses oleh pihak ketiga tersebut. Misalnya, Penawaran Pihak Ketiga mungkin mengakses pada data perangkat seperti kontak, entri kalender, informasi berdasarkan lokasi, atau juga dapat mengakses atau berbagi berkas atau data yang disimpan pada perangkat (termasuk dengan Penawaran Pihak Ketiga). Anda harus meninjau kebijakan privasi dan setiap perjanjian dengan pihak ketiga untuk memahami bagaimana informasi pribadi Anda akan diperlakukan oleh entitas tersebut, karena RIM tidak bertanggung jawab dengan hal yang berkaitan dengan pihak ketiga atau aplikasi, produk, layanan, atau perangkat lunak tersebut. RIM tidak mengendalikan secara langsung cara pihak ketiga memproses setiap informasi pribadi yang mereka kumpulkan berkaitan dengan Penawaran Pihak Ketiga yang Anda gunakan.
Dalam beberapa kasus, Anda dapat menyesuaikan izin yang diberikan ke Penawaran Pihak Ketiga. Anda harus meninjau izin ini secara berkala termasuk izin default, serta menu Opsi atau Pengaturan pada perangkat untuk mengetahui lebih lanjut tentang kendali keamanannya dan kendali yang tersedia.
atas

6. Keakuratan informasi pribadi Anda

RIM mengambil langkah-langkah yang wajar untuk memastikan bahwa informasi pribadi adalah akurat, lengkap, dan mutakhir. RIM juga bergantung pada Anda untuk memperbarui atau mengoreksi informasi pribadi jika diperlukan.
atas

7. Melindungi informasi pribadi Anda

RIM terus mengembangkan pengukuran secara fisik, organisasional dan teknologi, yang digunakan untuk melindungi informasi pribadi Anda terhadap kehilangan atau pencurian, akses tidak sah, pengubahan atau pengungkapan informasi yang sesuai dengan tingkat sensitivitasnya. Misalnya, jika situs web RIM meminta nama dan sandi Anda, situs tersebut akan memiliki beragam pengukuran keamanan pada tempat yang didesain untuk perlindungan terhadap kehilangan, penyalahgunaan, dan pengubahan tidak sah atas informasi pribadi yang dikirimkan ke RIM. Melalui Standar dan Prinsip Kode Etik Bisnis RIM, karyawan RIM mengetahui mengenai pentingnya penanganan informasi pribadi yang tepat dan aman, dan untuk membatasi akses ke informasi pribadi kepada pihak-pihak yang perlu mengetahuinya untuk alasan bisnis.
Selain itu, sistem dan proses RIM tertentu disertifikasikan di eksternal secara berkala (yaitu sertifikasi untuk ISO/IEC 27001:2005 Sistem Pengelolaan Keamanan Informasi).

a) Kewajiban Anda adalah melindungi informasi pribadi Anda
Anda juga berkewajiban untuk melindungi informasi pribadi Anda. Anda dapat mengurangi risiko atas akses tidak sah terhadap informasi pribadi Anda menggunakan praktik keamanan yang didasarkan pada akal sehat. Misalnya, Anda bertanggung jawab untuk menerapkan tindakan keamanan yang sesuai untuk mengontrol akses ke perangkat dan sistem komputer, seperti membuat sandi yang rumit yang tidak dapat ditebak dengan mudah oleh orang lain (yaitu sandi yang mencantumkan tanda baca, angka, huruf kapital dan huruf kecil, dan memilih sandi yang panjangnya sesuai serta tidak menyertakan nama atau nama akun Anda), menggunakan sandi yang berbeda untuk layanan yang berbeda dan menggunakan perangkat lunak anti virus yang terbaru.
Seperti yang ditulis di atas, dalam beberapa kasus, Anda dapat menyesuaikan izin yang diberikan pada Penawaran Pihak Ketiga. Anda harus meninjau izin ini secara berkala termasuk izin default, serta menu Opsi atau Pengaturan pada perangkat untuk mengetahui lebih lanjut tentang kendali keamanannya dan kendali yang tersedia.
Jika Anda mengembalikan, menjual, membuang, atau memindahtangankan perangkat Anda atau produk RIM lainnya ke orang atau entitas lain (seperti memberikan perangkat Anda kepada RIM atau entitas lainnya untuk direparasi, diperbaiki, atau diganti), Anda harus memastikan bahwa perangkat dan aksesori atau atribut tersebut serta perangkat tambahan yang terkait dilepaskan atau informasi pribadi atau data rahasia lainnya yang mungkin dimilikinya dihapus secara aman (mis., kartu SIM, kartu MicroSD). Anda juga harus melepas perangkat Anda dari semua akun email dan layanan data lainnya agar email dan data Anda tidak lagi terhubung langsung ke perangkat (mis., layanan push, email yang dikirim melalui BlackBerry Internet Service, cadangan jarak jauh). Jika tidak, informasi pribadi Anda mungkin tersedia untuk pengguna perangkat berikutnya, dan Anda bisa dikenakan biaya langganan dan data jaringan. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang langkah cara melindungi diri Anda melalui menu Opsi dan Pengaturan di perangkat Anda, menelusuri artikel dukungan online di www.blackberry.com, atau dengan menghubungi penyedia layanan telepon Anda.
atas

8. Upaya berkelanjutan dari RIM agar transparan

RIM terus menyediakan informasi untuk membantu pengguna kami memahami pemrosesan informasi pribadi RIM dan cara memilih terkait penggunaan informasi pribadi melalui berbagai informasi pribadi melalui berbagai saluran termasuk Kebijakan Privasi ini, Pemberitahuan dan informasi tambahan ini yang mungkin disediakan dari waktu ke waktu pada berbagai situs web RIM atau pada perangkat Anda.
atas

9. Anda dapat mengakses informasi pribadi Anda

Atas permintaan tertulis, RIM akan memberi tahu Anda apakah RIM menyimpan informasi pribadi tentang Anda dan memberikan Anda akses ke informasi Anda dalam jangka waktu yang wajar dan dengan biaya minimal atau tanpa biaya sesuai dengan hukum yang berlaku. Jika Anda mengetahui adanya ketidakakuratan atau ketidaklengkapan informasi pribadi Anda, RIM akan mengubah informasi Anda dan memberitahukan pihak ketiga mana pun sebagaimana yang telah diwajibkan oleh hukum yang berlaku.
Dalam situasi tertentu dan bergantung pada hukum yang berlaku, RIM mungkin tidak dapat menyediakan akses ke semua informasi pribadi tentang Anda yang dimilikinya. Misalnya, RIM mungkin tidak menyediakan akses ke informasi jika hal itu:
  • kemungkinan akan mengungkapkan informasi pribadi pihak ketiga;
  • dicurigai cukup dapat mengancam kehidupan atau keamanan orang lain;
  • akan mengungkapkan informasi rahasia RIM atau pihak ketiga;
  • menyertakan informasi yang dilindungi oleh kerahasiaan pengacara atau jaksa dan klien; atau
  • menyertakan informasi yang telah diproses dalam kaitannya dengan penyelidikan pelanggaran perjanjian atau bertentangan dengan undang-undang.
Untuk melindungi informasi pribadi Anda dari akses yang tidak sah, RIM dapat meminta Anda untuk memberikan informasi yang cukup guna mengidentifikasi diri Anda sebelum menyediakan akses ke informasi pribadi Anda.
Bergantung pada situasi dan hukum yang berlaku, RIM dapat menolak untuk memproses permintaan akses tertentu (mis. permintaan akses yang berulang atau sistematis secara tidak wajar, akan sangat tidak mungkin atau membutuhkan usaha teknis yang tidak sepadan).
atas

10. Ada pertanyaan atau permasalahan? Cara menghubungi kami

RIM menerima dengan terbuka pertanyaan atau komentar Anda yang terkait Kebijakan Privasi ini serta cara kami memproses informasi pribadi Anda. Jika ada pertanyaan, permasalahan, atau ingin meminta akses ke informasi pribadi Anda sesuai dengan hukum privasi atau perlindungan data yang berlaku, harap hubungi RIM baik melalui email maupun secara tertulis dan kami akan melakukan upaya yang wajar secara komersial untuk menanggapinya:
  • melalui email: privacyoffice@rim.com, atau
  • kirimkan surat ke salah satu kantor RIM berikut yang terdekat dengan Anda:
    • RIM Privacy Office c/o Research In Motion (u.p Legal Department), 295 Phillip Street, Waterloo, Ontario, Kanada N2L 3W8
    • RIM Privacy Office c/o Research In Motion (u.p Legal Department), 200 Bath Road, Slough, Berkshire, Inggris SL1 3XE
    • RIM Privacy Office c/o Research In Motion (u.p Legal Department), 1 International Bisnis Park, The Synergy Building, 2nd Floor, Singapura 609917

a) Mengelola preferensi Anda
Pada umumnya Anda dapat membatalkan kapan saja persetujuan Anda agar RIM memproses informasi pribadi Anda sesuai dengan Kebijakan Privasi ini, dengan tunduk pada pembatasan hukum atau kontraktual serta pemberitahuan yang wajar. Misalnya, meskipun Anda dapat menggunakan Penawaran RIM untuk beberapa tujuan tanpa memberi kami informasi pribadi, RIM mungkin perlu memproses informasi pribadi untuk beberapa layanan, termasuk layanan yang mewajibkan pembayaran atau melibatkan hubungan berkelanjutan seperti layanan pendaftaran atau langganan. Oleh karena itu, RIM dapat melanjutkan penggunaan informasi pribadi Anda sebagaimana yang mungkin dibutuhkan untuk memberikan layanan yang Anda minta dan sejauh RIM secara kontraktual memiliki kewajiban untuk melakukannya atau sebagaimana yang diperlukan untuk melaksanakan kewajiban kontraktual yang mungkin Anda miliki bersama RIM. Jika Anda menolak untuk memberikan informasi yang diminta kepada RIM atau nanti menghubungi kami secara tertulis di salah satu alamat di atas untuk mencabut persetujuan Anda untuk menggunakan dan mengungkapkan informasi ini, RIM tidak dapat lagi memberikan Penawaran RIM kepada Anda.
Komunikasi pemasaran atau komersial: Anda dapat membatalkan langganan untuk menerima komunikasi pemasaran atau komersial tentang RIM atau produk, layanan, dan perangkat lunak BlackBerry® dengan:
  • mengeklik tautan berhenti berlangganan di akhir setiap komunikasi pemasaran atau komersial dari RIM;
  • dengan menunjukkan preferensi Anda di http://www.blackberry.com/unsubscribe; atau
  • dengan menulis surat kepada RIM Privacy Office c/o Research In Motion (u.p Legal Department), 295 Phillip Street, Waterloo, Ontario, Canada, N2L 3W8 dan memberi tahu jenis komunikasi pemasaran atau komersial tertentu yang tidak ingin lagi Anda terima.
Cookie: Seperti yang tercantum di atas, Anda juga dapat menyisih dari penggunaan Cookie oleh RIM melalui salah satu metode berikut:
  • Ubah pengaturan browser Anda untuk menolak Cookie atau untuk menunjukkan kapan Cookie dikirim.
  • Hapus atau blokir Cookie browser menggunakan pengaturan di browser Anda, namun hal tersebut dapat memengaruhi kemampuan Anda menggunakan Penawaran RIM karena penawaran tersebut mungkin tidak berfungsi dengan baik atau sama sekali tidak berfungsi jika Cookie dinonaktifkan.
  • Menyisih langsung dari pengaktifan Cookie tertentu di http://metrics.blackberry.com/optout.html.

b) Perubahan pada Kebijakan Privasi ini
RIM secara berkala memperbarui Kebijakan Privasi ini agar tetap relevan dan selalu mengikuti perubahan teknologi, hukum yang berlaku, praktik bisnis kami yang berkembang, dan kebutuhan pengguna kami. RIM menganjurkan Anda untuk meninjau Kebijakan Privasi ini secara berkala agar selalu mengetahui informasi terbaru mengenai cara RIM mengelola informasi pribadi Anda. Jika ada perubahan yang dilakukan pada Kebijakan Privasi ini, RIM akan merevisi tanggal "Terakhir Diperbarui" yang ditunjukkan pada Kebijakan Privasi.
Jika perubahan materi yang dibuat berdampak bagi Anda, kami akan memberitahukan pengguna dengan memasang pemberitahuan yang mencolok di www.blackberry.com/legal. Bergantung situasinya, kami juga dapat memutuskan untuk mengirimkan pemberitahuan secara elektronik kepada pengguna. Jika Anda terus menggunakan Penawaran RIM setelah pemberitahuan perubahan diberikan, Anda akan dianggap telah menyetujui perubahan tersebut.
Terakhir Diperbarui Agustus 2012